Kamis, 14 Juni 2012


SONG REVIEW
NonVerbal - Hijaukan Dulu

PESAN PENTING UNTUK KELANGSUNGAN HIDUP
oleh Galih Prasetio





Bumi semakin tua kawan, sementara gedung-gedung tinggi berdiri congkak dengan instrumen kendaraan-kendaraan di sekitarnya memoles chaos yang nyata, semilir angin dan kicau burung di dahan pohon masih adakah tersisa untuk anak-cucu kita jauh di masa depan??

Well, di tengah pertarungan antara modernisasi dan gerakan go green, terlahir sebuah band yang menuntut perbaikan lingkungan dari semua homo sapiens melalui lagu yang ehm adem, hadir bersama angin dan aroma pinus dari bukit selatan, NonVerbal hadir dengan single mereka 'Hijaukan Dulu'.

Dude please, tidak rindukah kalian dengan udara segar yang dibawa hembusan angin dari sela pohon rindang? Riangnya kita bermain dikala hujan tanpa rasa khawatir dari ibu yang takut kita sakit karena hujan asam. Dengan lagu ini NonVerbal membawa utopia kecil mereka dan berusaha membuka mata kita yang lama terhalang gedung-gedung dan tertutup asap kendaraan. Melalui bahasa yang ringan dan sopan, sangat jelas mereka menggambarkan situasi sekarang yang uhh kacau balau, situasi nyata di mana pohon-pohon rindang semakin tersisihkan oleh mall-mall yang menjamur, sejuknya angin lenyap tersapu hembusan hawa panas dari knalpot kendaraan yang hiruk-pikuk berseliweran di mana-mana. Dan, keindahan alam yang mereka idamkan cuma bisa ditemui di bukit selatan yang sayangnya hanya bisa dinikmati sejenak, sebelum mereka 'terpaksa' kembali lagi ke kota yang riot.

Sebuah lagu easy listening ber-sense 'hijau' dan 'sejuk' dengan sentuhan post-rock , mengalun dengan naik turunnya tempo yang teratur dan iringan suara xylophone serta efek-efek unik memberikan aroma indie pada lagu dengan nada-nada simple ini lalu jangan sampai hilang perhatian dari suara vokal yang lo-fi, yang membuat lagu ini cukup menyegarkan telinga.

Walau after-taste nya tidak membuat saya langsung berniat bergabung dengan greenlife atau WWF, namun angin segar yang dibawa lagu ini cukup membuat saya mengangkat dua jempol dan berkata 'Awesome =)

1 komentar: